Cara Kerja Metionin dalam Tubuh Anda (Sumber dan Risiko Plus)

Asam amino membantu membangun protein yang membentuk jaringan dan organ tubuh Anda.
Selain fungsi penting ini, beberapa asam amino memiliki peran khusus lainnya.
Metionin adalah asam amino yang menghasilkan beberapa molekul penting dalam tubuh Anda. Molekul-molekul ini sangat penting untuk berfungsinya sel-sel Anda.
Karena molekul penting yang dihasilkannya, beberapa merekomendasikan untuk meningkatkan asupan metionin. Namun, yang lain menyarankan untuk membatasi itu karena kemungkinan efek samping negatif.
Artikel ini akan membahas pentingnya metionin dan apakah Anda perlu khawatir tentang jumlah itu dalam diet Anda. Sumber dan potensi efek samping juga dibahas.

Apa itu Metionin?

Fungsi Metionin, Makanan, dan Efek Samping
Metionin adalah asam amino yang ditemukan dalam banyak protein, termasuk protein dalam makanan dan yang ditemukan dalam jaringan dan organ tubuh Anda.
Selain menjadi blok bangunan untuk protein, ia memiliki beberapa fitur unik lainnya.
Salah satunya adalah kemampuannya untuk diubah menjadi molekul-molekul yang mengandung sulfur penting.
Molekul yang mengandung sulfur memiliki berbagai fungsi, termasuk perlindungan jaringan Anda, memodifikasi DNA Anda dan menjaga berfungsinya sel Anda.
Molekul-molekul penting ini harus terbuat dari asam amino yang mengandung belerang. Dari asam amino yang digunakan untuk membuat protein dalam tubuh, hanya metionin dan sistein yang mengandung belerang.
Meskipun tubuh Anda dapat menghasilkan sistein asam amino sendiri, metionin harus berasal dari diet Anda.
Selain itu, metionin memainkan peran penting dalam memulai proses pembuatan protein baru di dalam sel Anda, sesuatu yang terus terjadi sebagai protein yang lebih tua memecah.
Sebagai contoh, asam amino ini memulai proses menghasilkan protein baru di otot Anda setelah sesi latihan.
RINGKASANMetionin adalah asam amino unik. Ini mengandung belerang dan dapat menghasilkan molekul lain yang mengandung sulfur di dalam tubuh. Itu juga terlibat dalam memulai produksi protein di sel-sel Anda.

Itu Dapat Menghasilkan Molekul Kritis untuk Fungsi Sel Normal

Salah satu peran utama metionin dalam tubuh adalah ia dapat digunakan untuk menghasilkan molekul penting lainnya.
Ini terlibat dalam produksi sistein, asam amino yang mengandung sulfur lainnya yang digunakan untuk membangun protein dalam tubuh.
Sistein dapat, pada gilirannya, menciptakan berbagai molekul, termasuk protein, glutathione dan taurin.
Glutathione kadang-kadang disebut "master antioksidan" karena peran pentingnya dalam pertahanan tubuh Anda.
Ini juga memainkan peran dalam metabolisme nutrisi dalam tubuh dan produksi DNA dan protein.
Taurin memiliki banyak fungsi yang membantu menjaga kesehatan dan berfungsinya sel Anda.
Salah satu molekul terpenting metionin dapat diubah menjadi S-adenosylmethionine, atau "SAM".
SAM berpartisipasi dalam berbagai reaksi kimia dengan memindahkan sebagian dari dirinya ke molekul lain, termasuk DNA dan protein.
SAM juga digunakan dalam produksi creatine , molekul penting untuk energi.
Secara keseluruhan, metionin secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam banyak proses penting dalam tubuh karena molekul itu bisa menjadi.
RINGKASANMetionin dapat diubah menjadi beberapa molekul yang mengandung sulfur dengan fungsi-fungsi penting, seperti glutathione, taurine, SAM dan creatine. Molekul-molekul ini sangat penting untuk fungsi normal sel-sel dalam tubuh Anda.

Ini Memainkan Peran dalam Metilasi DNA

DNA Anda mengandung informasi yang membuat Anda menjadi siapa Anda.
Sementara banyak dari informasi ini dapat tetap sama untuk seluruh hidup Anda, faktor lingkungan sebenarnya dapat mengubah beberapa aspek dari DNA Anda.
Ini adalah salah satu peran metionin yang paling menarik - yang dapat diubah menjadi molekul yang disebut SAM. SAM dapat mengubah DNA Anda dengan menambahkan gugus metil (atom karbon dan atom hidrogennya) ke dalamnya.
Jumlah metionin dalam diet Anda dapat mempengaruhi seberapa banyak proses ini terjadi, tetapi ada banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang hal ini.
Ada kemungkinan bahwa meningkatkan metionin dalam makanan bisa meningkatkan atau menurunkan seberapa banyak perubahan DNA Anda sebagai akibat dari SAM.
Selain itu, jika perubahan ini terjadi, mereka dapat bermanfaat dalam beberapa kasus tetapi merugikan orang lain.
Sebagai contoh, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang lebih tinggi dalam nutrisi yang menambahkan kelompok metil ke DNA Anda dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.
Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa asupan metionin yang lebih tinggi dapat memperburuk kondisi seperti skizofrenia, mungkin karena menambahkan lebih banyak kelompok methyl ke DNA.
RINGKASANSalah satu molekul yang diproduksi oleh metionin, SAM, dapat mengubah DNA Anda. Tidak sepenuhnya jelas bagaimana kandungan metionin dari diet Anda mempengaruhi proses ini, dan mungkin saja proses ini bermanfaat dalam beberapa kasus dan merugikan orang lain.

Diet Methionin Rendah Memperpanjang Umur dalam Hewan

Meskipun metionin memiliki peran penting dalam tubuh, beberapa penelitian menunjukkan manfaat dari diet yang rendah dalam asam amino ini.
Beberapa sel kanker bergantung pada diet methionine untuk tumbuh. Dalam kasus ini, membatasi asupan makanan Anda dapat bermanfaat untuk membantu sel kanker kelaparan.
Karena protein dari tumbuhan sering lebih rendah dalam metionin daripada protein hewani, beberapa peneliti percaya bahwa pola makan nabati dapat menjadi alat untuk melawan beberapa jenis kanker.
Selain itu, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengurangi metionin dapat meningkatkan umur dan meningkatkan kesehatan.
Satu penelitian menemukan bahwa umur lebih dari 40% lebih lama pada tikus yang diberi diet rendah metionin.
Umur panjang ini mungkin disebabkan oleh peningkatan ketahanan stres dan metabolisme serta mempertahankan kemampuan sel-sel tubuh untuk bereproduksi.
Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa kandungan metionin rendah bertindak untuk benar-benar memperlambat laju penuaan pada tikus.
Apakah atau tidak manfaat ini meluas ke manusia belum jelas, tetapi beberapa penelitian tabung telah menunjukkan manfaat dari kandungan metionin rendah dalam sel manusia.
Namun, penelitian manusia diperlukan sebelum kesimpulan dapat dibuat.
RINGKASANPada hewan, menurunkan kandungan metionin dari diet dapat memperlambat laju penuaan dan memperpanjang masa hidup. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat menurunkan metionin dalam sel manusia, tetapi penelitian diperlukan pada manusia yang masih hidup.

Sumber Makanan Metionin

Sementara hampir semua makanan yang mengandung protein memiliki beberapa metionin, jumlahnya sangat bervariasi. Telur, ikan, dan beberapa daging mengandung sejumlah besar asam amino ini.
Diperkirakan bahwa sekitar 8% dari asam amino dalam putih telur adalah asam amino yang mengandung sulfur (metionin dan sistein).
Nilai ini sekitar 5% pada ayam dan daging sapi dan 4% dalam produk susu. Protein nabati biasanya memiliki jumlah yang lebih rendah dari asam amino ini.
Beberapa penelitian juga telah memeriksa jumlah keseluruhan asam amino yang mengandung sulfur (methionine dan cysteine) dalam berbagai jenis diet.
Kandungan tertinggi (6,8 gram per hari) dilaporkan dalam diet protein tinggi , sementara asupan rendah hadir untuk vegetarian (3,0 gram per hari) dan vegan (2,3 gram per hari).
Meskipun asupan rendah di kalangan vegetarian, penelitian lain menunjukkan bahwa mereka benar-benar memiliki konsentrasi darah yang lebih tinggi dari metionin daripada mereka yang makan daging dan ikan.
Temuan ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa kandungan makanan dan konsentrasi darah methionine tidak selalu terkait langsung.
Namun, penelitian ini menemukan bahwa vegan memiliki asupan makanan rendah dan konsentrasi darah rendah metionin.
RINGKASANProtein hewani sering memiliki kandungan metionin yang lebih besar daripada protein nabati. Mereka yang mengikuti pola makan nabati memiliki asupan asam amino yang mengandung sulfur yang lebih rendah, meskipun mereka dapat memiliki kadar metionin dalam darah yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Intake, Toksisitas, dan Efek Samping

Para peneliti telah menetapkan asupan harian yang disarankan dari asam amino yang mengandung sulfur (metionin dan sistein), tetapi penelitian juga telah meneliti efek samping dari dosis yang lebih tinggi.

Asupan yang Direkomendasikan

Asupan harian yang disarankan dari methionine plus cysteine ​​adalah 8,6 mg / lb (19 mg / kg) per hari untuk orang dewasa, yaitu sekitar 1,3 gram untuk seseorang dengan berat 150 pon (68 kilogram).
Namun, beberapa peneliti telah merekomendasikan mengonsumsi dua kali lipat jumlah ini berdasarkan pada keterbatasan penelitian yang digunakan untuk mengatur asupan yang disarankan.
Orang tua sering memiliki asupan metionin rendah, dan penelitian telah menunjukkan bahwa mereka mungkin memerlukan asupan yang lebih tinggi 2 hingga 3 gram per hari.
Terlepas dari kenyataan bahwa kelompok-kelompok tertentu dapat mengambil manfaat dari peningkatan asupan metionin mereka, banyak diet melebihi 2 gram per hari methionine plus cysteine.
Berbagai jenis diet, termasuk pola makan vegan, vegetarian, tradisional, dan protein tinggi diperkirakan mengandung antara 2,3 hingga 6,8 gram per hari dari asam-asam amino ini.

Efek pada Homocysteine

Mungkin kekhawatiran terbesar yang terkait dengan asupan metionin tinggi adalah karena salah satu molekul asam amino ini dapat menghasilkan.
Metionin dapat diubah menjadi homocysteine, asam amino yang terkait dengan beberapa aspek penyakit jantung.
Asupan tinggi metionin dapat menyebabkan peningkatan homosistein, meskipun beberapa individu lebih rentan terhadap proses ini daripada yang lain.
Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa bahaya potensial dari asupan metionin tinggi mungkin karena homocysteine ​​daripada methionine itu sendiri.
Namun, ada faktor lain yang dapat mengubah tingkat homocysteine.
Sebagai contoh, meskipun mereka memiliki asupan diet yang lebih rendah dari metionin, vegan dan vegetarian mungkin memiliki homocysteine ​​lebih tinggi daripada omnivora karena asupan vitamin B12 yang rendah.
Penelitian lain menunjukkan bahwa diet tinggi protein dan tinggi metionin tidak meningkatkan homocysteine ​​setelah enam bulan, dibandingkan dengan diet rendah protein dan rendah metionin.
Selain itu, mengubah asupan hingga 100% tampaknya tidak mempengaruhi homocysteine ​​pada orang dewasa sehat tanpa kekurangan vitamin.

Efek samping

Untuk mengevaluasi respons tubuh terhadap metionin, para peneliti akan memberikan satu dosis besar asam amino ini dan mengamati efeknya.
Dosis ini jauh lebih besar dari asupan yang disarankan, sering sekitar 45 mg / lb (100 mg / kg), atau 6,8 gram untuk seseorang yang beratnya 150 pon (68 kilogram).
Jenis tes ini telah dilakukan lebih dari 6.000 kali, dengan efek samping yang kecil. Efek samping ringan ini termasuk pusing, kantuk dan perubahan tekanan darah.
Salah satu efek samping utama terjadi selama salah satu tes ini, yang mengakibatkan kematian seorang individu dengan tekanan darah tinggi tetapi kesehatan yang baik sebaliknya.
Namun, tampaknya kemungkinan overdosis yang tidak disengaja sekitar 70 kali lipat dari asupan yang disarankan menyebabkan komplikasi.
Secara keseluruhan, tampaknya metionin tidak sangat beracun pada manusia yang sehat, kecuali pada dosis yang sangat tinggi yang hampir tidak mungkin diperoleh melalui diet.
Meskipun metionin terlibat dalam produksi homosistein, tidak ada bukti bahwa asupan dalam kisaran yang khas berbahaya untuk kesehatan jantung.
RINGKASANIndividu yang mengikuti banyak jenis diet seringkali akan melebihi asupan minimum yang disarankan dari metionin. Efek samping dalam menanggapi dosis besar seringkali kecil tetapi bisa menjadi berbahaya pada dosis yang sangat tinggi.

Garis bawah

Metionin adalah asam amino unik yang mengandung sulfur yang dapat digunakan untuk membangun protein dan menghasilkan banyak molekul dalam tubuh.
Ini termasuk glutathione antioksidan dan molekul SAM, yang digunakan untuk memodifikasi DNA dan molekul lain.
Metionin ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung protein dan sering lebih tinggi pada protein hewani daripada protein nabati. Meskipun diet rendah metionin telah terbukti memperpanjang masa hidup pada hewan, apakah ini penting bagi manusia belum jelas.
Orang-orang yang mengkonsumsi berbagai jenis diet biasanya memenuhi asupan metionin yang direkomendasikan, meskipun beberapa orang lanjut usia dapat mengambil manfaat dari peningkatan asupan mereka.
Efek samping dalam menanggapi dosis besar biasanya kecil tetapi bisa menjadi berbahaya pada dosis yang sangat tinggi di luar apa yang bisa diperoleh dengan diet normal.
Berdasarkan penelitian yang tersedia pada manusia yang sehat, Anda mungkin tidak perlu secara khusus membatasi atau meningkatkan asupan metionin dalam diet Anda.