Koneksi Usus dan Otak: Cara Kerja dan Peran Nutrisi

Sensasi yang berasal dari perut Anda menunjukkan bahwa otak dan usus Anda terhubung.
Terlebih lagi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa otak Anda mempengaruhi kesehatan usus Anda dan usus Anda bahkan dapat mempengaruhi kesehatan otak Anda.
Sistem komunikasi antara usus dan otak Anda disebut sumbu usus-otak.
Artikel ini mengeksplorasi sumbu usus-otak dan makanan yang bermanfaat bagi kesehatannya.

Bagaimana Apakah Usus dan Otak Terhubung?

Koneksi usust-otak
Sumbu usus-otak adalah istilah untuk jaringan komunikasi yang menghubungkan usus dan otak Anda.
Kedua organ ini terhubung secara fisik dan biokimia dalam beberapa cara yang berbeda.

Saraf Vagus dan Sistem Saraf

Neuron adalah sel yang ditemukan di otak Anda dan sistem saraf pusat yang memberi tahu tubuh Anda bagaimana berperilaku. Ada sekitar 100 miliar neuron di otak manusia.
Menariknya, usus Anda mengandung 500 juta neuron, yang terhubung ke otak Anda melalui saraf di sistem saraf Anda.
Saraf vagus adalah salah satu saraf terbesar yang menghubungkan usus dan otak Anda. Ini mengirimkan sinyal di kedua arah.
Sebagai contoh, dalam penelitian hewan, stres menghambat sinyal yang dikirim melalui saraf vagus dan juga menyebabkan masalah gastrointestinal.
Demikian pula, satu penelitian pada manusia menemukan bahwa orang dengan sindrom iritasi usus atau irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit Crohn telah mengurangi nada vagal, menunjukkan fungsi saraf vagus yang berkurang.
Sebuah penelitian yang menarik pada tikus menemukan bahwa memberi mereka makan probiotik mengurangi jumlah hormon stres dalam darah mereka. Namun, ketika saraf vagus mereka dipotong, probiotik tidak berpengaruh.
Ini menunjukkan bahwa saraf vagus penting dalam sumbu usus-otak dan perannya dalam stres.

Neurotransmitter

Usus dan otak Anda juga terhubung melalui bahan kimia yang disebut neurotransmitter.
Neurotransmiter diproduksi di otak mengendalikan perasaan dan emosi.
Misalnya, serotonin neurotransmitter berkontribusi pada perasaan bahagia dan juga membantu mengontrol jam tubuh Anda.
Menariknya, banyak dari neurotransmiter ini juga diproduksi oleh sel-sel usus Anda dan triliunan mikroba yang hidup di sana. Sebagian besar serotonin diproduksi di usus.
Mikroba usus Anda juga menghasilkan neurotransmitter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA), yang membantu mengendalikan perasaan takut dan kecemasan.
Studi pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa probiotik tertentu dapat meningkatkan produksi GABA dan mengurangi kecemasan dan perilaku seperti depresi.

Mikroba Gut Membuat Bahan Kimia Lain Yang Mempengaruhi Otak

Triliunan mikroba yang hidup di usus Anda juga membuat bahan kimia lain yang memengaruhi cara kerja otak Anda.
Mikroba usus Anda menghasilkan banyak short-chain fatty acids (SCFA) seperti butirat, propionat dan asetat.
Mereka membuat SCFA dengan mencerna serat. SCFA mempengaruhi fungsi otak dalam beberapa cara, seperti mengurangi nafsu makan.
Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi propionat dapat mengurangi asupan makanan dan mengurangi aktivitas di otak yang terkait dengan makanan berenergi tinggi.
SCFA lain, butirat, dan mikroba yang menghasilkannya juga penting untuk membentuk penghalang antara otak dan darah, yang disebut penghalang darah-otak.
Mikroba usus juga memetabolisme asam empedu dan asam amino untuk menghasilkan bahan kimia lain yang mempengaruhi otak.
Asam empedu adalah bahan kimia yang dibuat oleh hati yang biasanya terlibat dalam menyerap lemak diet. Namun, mereka juga dapat mempengaruhi otak.
Dua penelitian pada tikus menemukan bahwa stres dan gangguan sosial mengurangi produksi asam empedu oleh bakteri usus dan mengubah gen yang terlibat dalam produksi mereka.

Gut Mikroba Mempengaruhi Peradangan

Sumbu usus-otak Anda juga terhubung melalui sistem kekebalan.
Usus dan usus mikroba memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dan peradangan dengan mengendalikan apa yang dilewatkan ke dalam tubuh dan apa yang diekskresikan.
Jika sistem kekebalan Anda dinyalakan terlalu lama, itu dapat menyebabkan peradangan, yang dikaitkan dengan sejumlah gangguan otak seperti depresi dan penyakit Alzheimer.
Lipopolisakarida (LPS) adalah racun peradangan yang dibuat oleh bakteri tertentu. Dapat menyebabkan peradangan jika terlalu banyak dari usus masuk ke dalam darah.
Ini bisa terjadi ketika penghalang usus menjadi bocor, yang memungkinkan bakteri dan LPS untuk menyeberang ke dalam darah.
Peradangan dan LPS tinggi dalam darah telah dikaitkan dengan sejumlah gangguan otak termasuk depresi berat, demensia dan skizofrenia.
RINGKASANUsus dan otak Anda terhubung secara fisik melalui jutaan saraf, yang paling penting saraf vagus. Usus dan mikroba juga mengendalikan peradangan dan membuat banyak senyawa berbeda yang dapat mempengaruhi kesehatan otak.

Probiotik, Prebiotik, dan Sumbu Otak

Bakteri usus mempengaruhi kesehatan otak, jadi mengubah bakteri usus Anda dapat meningkatkan kesehatan otak Anda.
Probiotik adalah bakteri hidup yang memberikan manfaat kesehatan jika dimakan. Namun, tidak semua probiotik sama.
Probiotik yang mempengaruhi otak sering disebut sebagai "psikobiotik".
Beberapa probiotik telah terbukti memperbaiki gejala stres, kecemasan dan depresi.
Satu studi kecil dari orang-orang dengan sindrom iritasi usus besar dan kecemasan ringan atau depresi menemukan bahwa mengambil probiotik yang disebut Bifidobacterium longumNCC3001 selama enam minggu secara signifikan meningkatkan gejala.
Prebiotik, yang biasanya serat yang difermentasi oleh bakteri usus Anda, juga dapat mempengaruhi kesehatan otak.
Satu studi menemukan bahwa mengambil prebiotik yang disebut galactooligosaccharides selama tiga minggu secara signifikan mengurangi jumlah hormon stres dalam tubuh, yang disebut kortisol.
RINGKASANProbiotik yang mempengaruhi otak juga disebut psikobiotik. Baik probiotik dan prebiotik telah terbukti mengurangi tingkat kecemasan, stres, dan depresi.

Makanan Apa yang Membantu Poros Usus-Otak?

Beberapa kelompok makanan secara khusus bermanfaat untuk sumbu usus-otak.
Berikut ini beberapa yang paling penting:
  • Lemak omega-3: Lemak ini ditemukan dalam ikan berminyak dan juga dalam jumlah besar di otak manusia. Studi pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa omega-3 dapat meningkatkan bakteri baik di usus dan mengurangi risiko gangguan otak.
  • Makanan fermentasi: Yogurt, kefir, sauerkraut dan keju semuanya mengandung mikroba sehat seperti lactobacilli . Makanan fermentasi telah terbukti mengubah aktivitas otak.
  • Makanan berserat tinggi: Biji-bijian utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran semuanya mengandung serat prebiotik yang baik untuk bakteri usus Anda. Prebiotik dapat mengurangi hormon stres pada manusia.
  • Makanan kaya polifenol: Kakao, teh hijau, minyak zaitun, dan kopi semuanya mengandung polifenol, yang merupakan bahan kimia tumbuhan yang dicerna oleh bakteri usus Anda. Polifenol meningkatkan bakteri usus yang sehat dan dapat meningkatkan kognisi.
  • Makanan kaya Tryptophan : Tryptophan adalah asam amino yang diubah menjadi serotonin neurotransmitter. Makanan yang mengandung tryptophan tinggi termasuk kalkun, telur dan keju.
RINGKASANSejumlah makanan seperti ikan berminyak, makanan yang difermentasi dan makanan berserat tinggi dapat membantu meningkatkan bakteri menguntungkan dalam usus Anda dan meningkatkan kesehatan otak.

Garis bawah

Sumbu usus-otak mengacu pada koneksi fisik dan kimia antara usus dan otak Anda.
Jutaan saraf dan neuron mengalir di antara usus dan otak Anda. Neurotransmitter dan bahan kimia lain yang diproduksi di usus Anda juga memengaruhi otak Anda.
Dengan mengubah jenis bakteri di usus Anda, mungkin dapat meningkatkan kesehatan otak Anda.
Asam lemak Omega-3, makanan yang difermentasi, probiotik dan makanan kaya polifenol lainnya dapat meningkatkan kesehatan usus Anda, yang mungkin menguntungkan sumbu usus-otak.