Mengapa Kopi Bagus untuk Anda? Inilah 7 Alasan

Kopi tidak hanya enak dan memberi energi - ini juga sangat baik untuk Anda.
Dalam beberapa tahun dan dekade terakhir, para ilmuwan telah mempelajari efek kopi pada berbagai aspek kesehatan. Hasil mereka tidak ada yang luar biasa.
Berikut adalah 7 alasan mengapa kopi sebenarnya bisa menjadi salah satu minuman sehat di planet ini.

1. Kopi Dapat Membuat Anda Lebih Cerdas

Kopi tidak hanya membuat Anda terjaga - tetapi juga membuat Anda lebih pintar.
Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, yang merupakan stimulan dan zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia.
Kafein bekerja di otak Anda dengan menghalangi efek neurotransmitter penghambat yang disebut adenosine.
Dengan memblokir efek penghambatan adenosine, kafein sebenarnya meningkatkan penembakan neuronal di otak dan pelepasan neurotransmiter lain seperti dopamine dan norepinefrin.
Banyak studi terkontrol telah memeriksa efek kafein pada otak, menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan suasana hati, waktu reaksi, memori, kewaspadaan dan fungsi otak umum.
RINGKASANKafein memblokir penghambatan neurotransmitter di otak, yang memiliki efek merangsang. Studi terkontrol menunjukkan bahwa kafein meningkatkan mood dan fungsi otak.

2. Kopi Dapat Membantu Anda Membakar Lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik

Ada alasan bagus mengapa Anda akan menemukan kafein dalam kebanyakan suplemen pembakar lemak komersial.
Kafein, sebagian karena efek stimulan pada sistem saraf pusat, keduanya meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi asam lemak.
Ini juga dapat meningkatkan kinerja atletik dalam beberapa cara, termasuk dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak.
Dalam dua meta-analisis terpisah, kafein ditemukan dapat meningkatkan performa olahraga sebesar 11–12%, rata-rata.
RINGKASANKafein meningkatkan laju metabolisme dan membantu memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak. Itu juga dapat meningkatkan kinerja fisik.

3. Kopi Dapat Secara Drastis Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2 Anda

Diabetes tipe 2 adalah penyakit terkait gaya hidup yang telah mencapai proporsi epidemi. Ini telah meningkat 10 kali lipat dalam beberapa dekade dan sekarang menimpa sekitar 300 juta orang.
Penyakit ini ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi karena resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.
Dalam studi observasional, kopi telah berulang kali dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Pengurangan risiko berkisar dari 23% sepanjang jalan hingga 67%.
Sebuah artikel ulasan besar-besaran melihat 18 studi dengan total 457.922 peserta. Setiap secangkir kopi tambahan per hari menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risikonya.
RINGKASANMinum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 secara drastis. Orang yang minum beberapa cangkir per hari adalah yang paling mungkin terkena diabetes.

4. Kopi Dapat Menurunkan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Kopi tidak hanya dapat membuat Anda lebih pintar dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi otak Anda di usia tua.
Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan penyebab utama demensia.
Dalam studi prospektif, peminum kopi memiliki risiko 60% lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.
Parkinson adalah gangguan neurodegeneratif kedua yang paling umum, ditandai dengan kematian neuron penghasil dopamin di otak. Kopi dapat menurunkan risiko Parkinson sebesar 32-60%.
RINGKASANKopi dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah dari demensia dan gangguan neurodegeneratif Alzheimer dan Parkinson.

5. Kopi Mungkin Sangat Baik untuk Hati Anda

Hati adalah organ luar biasa yang melakukan ratusan fungsi vital dalam tubuh Anda.
Ini rentan terhadap perangkap diet modern, seperti mengkonsumsi terlalu banyak alkohol atau fruktosa.
Sirosis adalah tahap akhir kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit seperti alkoholisme dan hepatitis, di mana jaringan hati telah banyak digantikan oleh jaringan parut.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko sirosis sebanyak 80%. Mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari merasakan efek paling kuat.
Kopi juga dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%.
RINGKASANKopi tampaknya melindungi terhadap gangguan hati tertentu, menurunkan risiko kanker hati sebesar 40% dan sirosis sebanyak 80%.

6. Kopi Dapat Menurunkan Risiko Kematian Prematur Anda

Banyak orang masih berpikir bahwa kopi itu tidak sehat.
Ini tidak mengherankan, karena umum bagi kebijaksanaan konvensional bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh studi.
Tetapi kopi sebenarnya dapat membantu Anda hidup lebih lama .
Dalam sebuah penelitian observasional prospektif yang besar, minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah oleh semua penyebab.
Efek ini sangat mendalam pada orang dengan diabetes tipe 2. Satu penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian 30% lebih rendah selama periode 20 tahun.
RINGKASANMinum kopi telah dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dalam studi observasional prospektif, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2.

7. Kopi Dimuat Dengan Nutrisi dan Antioksidan

Kopi bukan hanya air hitam.
Banyak nutrisi dalam biji kopi yang membuatnya menjadi minuman terakhir, yang sebenarnya mengandung banyak vitamin dan mineral.
Satu cangkir kopi berisi :
  • 6% dari RDA untuk asam pantotenat (vitamin B5)
  • 11% dari RDA untuk riboflavin (vitamin B2)
  • 2% dari RDA untuk niacin (B3) dan tiamin (B1)
  • 3% dari RDA untuk kalium dan mangan
Ini mungkin tidak tampak seperti banyak, tetapi jika Anda minum beberapa cangkir kopi per hari maka dengan cepat bertambah.
Tapi bukan itu saja. Kopi juga mengandung sejumlah besar antioksidan.
Bahkan, kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbesar dalam diet Barat, bahkan mengungguli banyak buah dan sayuran.
RINGKASANKopi mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang cukup banyak. Ini juga merupakan salah satu sumber antioksidan terbesar dalam diet modern.

Garis bawah

Meskipun kopi dalam jumlah sedang baik untuk Anda, minum terlalu banyak dari itu masih bisa berbahaya.
Juga, perlu diingat bahwa beberapa bukti tidak kuat. Banyak dari studi di atas bersifat observasional. Studi semacam itu hanya dapat menunjukkan hubungan, tetapi tidak dapat membuktikan bahwa kopi menyebabkan manfaatnya.
Jika Anda ingin memastikan potensi manfaat kopi bagi kesehatan, hindari menambahkan gula. Dan jika minum kopi cenderung memengaruhi tidur Anda, jangan meminumnya setelah jam dua siang.