7 Manfaat Kesehatan dari Kurma

Kurma adalah buah dari pohon kurma, yang tumbuh di banyak wilayah tropis di dunia. Kurma telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.
Hampir semua kurma yang dijual di negara-negara Barat dikeringkan.
Anda dapat mengetahui apakah kurma dikeringkan berdasarkan penampilannya atau tidak. Kulit yang keriput menunjukkan mereka kering, sedangkan kulit halus menunjukkan kesegaran.
Tergantung pada keragamannya, kurma cukup kecil dalam ukuran dan rentang warnanya dari merah terang hingga kuning cerah. Medjool dan Deglet Noor dates adalah varietas yang paling umum dikonsumsi.
Kurma kenyal dengan rasa manis. Tinggi dalam beberapa nutrisi penting dan memiliki berbagai manfaat dan kegunaan.
Artikel ini akan membahas 8 manfaat kesehatan dari kurma dan bagaimana memasukkannya ke dalam diet Anda.

1. Sangat Bergizi

Kurma dalam Mangkuk Putih
Kurma memiliki profil nutrisi yang sangat baik.
Karena sudah kering, kandungan kalorinya lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah kering lainnya , seperti kismis dan buah ara.
Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari protein yang sangat sedikit. Meskipun kalori mereka, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting di samping sejumlah besar serat.
A 3.5-ons (100 gram) menyediakan nutrisi berikut :
  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20% dari RDI
  • Magnesium : 14% dari RDI
  • Tembaga: 18% dari RDI
  • Mangan: 15% dari RDI
  • Besi: 5% dari RDI
  • Vitamin B6: 12% dari RDI
Kurma juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat berkontribusi banyak terhadap manfaat kesehatannya.
RINGKASANKurma mengandung beberapa vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan. Namun, mereka tinggi kalori karena mereka adalah buah kering.

2. Tinggi Serat

Mendapatkan serat yang cukup penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.
Dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, termasuk kurma dalam Mangkuk Putih dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat Anda.
Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda dengan mencegah sembelit. Ini mempromosikan gerakan usus biasa dengan berkontribusi pada pembentukan tinja.
Dalam sebuah penelitian, 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi tinja dan mengalami peningkatan gerakan buang air besar yang signifikan dibandingkan ketika mereka tidak makan kurma.
Selanjutnya, serat dalam kurma mungkin bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah meningkat terlalu tinggi setelah makan.
Untuk alasan ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.
RINGKASANKurma mengandung serat yang tinggi, yang mungkin bermanfaat untuk mencegah sembelit dan mengontrol kontrol gula darah.

3. Tinggi dalam Antioksidan Memerangi Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang ditawarkan, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit.
Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit
Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, seperti buah ara dan buah prem kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi.
Berikut ini ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurun waktu:
  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker.
  • Karotenoid: Karotenoid terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolat : Dikenal karena sifat anti-peradangannya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.
RINGKASANKurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak .
Penelitian laboratorium telah menemukan kurma yang berguna untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.
Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan kurma yang berguna untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.
Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.
Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makanan yang dicampur dengan kurma memiliki memori dan kemampuan belajar yang lebih baik, serta perilaku yang kurang terkait kecemasan, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.
Sifat-sifat penguat otak yang potensial dari kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang diketahui dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid.
Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi peran kurma dalam kesehatan otak.
RINGKASANKurma mungkin bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan mencegah plak terbentuk di otak, yang penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

5. Pemanis Alami Yang Sangat Baik

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.
Untuk alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. Membuat pengganti sehat yang bagus untuk gula putih dalam resep karena nutrisi, serat dan antioksidan yang mereka berikan.
Cara terbaik untuk mengganti kurma dengan gula putih adalah dengan membuat pasta kurma, seperti dalam resep ini . Ini dibuat dengan mencampurkan kurma dengan air dalam blender. Aturan praktisnya adalah mengganti gula dengan pasta kurma dengan rasio 1: 1.
Misalnya, jika resepnya meminta 1 cangkir gula, Anda akan menggantinya dengan 1 cangkir pasta kurma.
Penting untuk dicatat bahwa meskipun kurma memiliki serat dan nutrisi yang tinggi, kurma masih terbilang tinggi kalori dan paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.
RINGKASANKurma merupakan pengganti sehat untuk gula putih dalam resep karena rasanya yang manis, nutrisi, serat dan antioksidan.

6. Manfaat Kesehatan Potensi Lainnya

Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum diteliti secara luas.
  • Kesehatan tulang: Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.
  • Kontrol gula darah: Kurma memiliki potensi untuk membantu regulasi gula darah karena indeks glikemik rendah, serat dan antioksidan. Dengan demikian, makan mereka dapat bermanfaat bagi manajemen diabetes.
Meskipun manfaat kesehatan potensial ini menjanjikan, lebih banyak studi manusia diperlukan sebelum kesimpulan dapat dibuat.
RINGKASANKurma telah diklaim untuk meningkatkan kesehatan tulang dan membantu dalam mengontrol gula darah, tetapi efek ini belum dipelajari secara memadai.

7. Mudah Tambahkan ke Diet Anda

Kurma sangat serbaguna dan membuat camilan lezat. Mereka sering dipasangkan dengan makanan lain, seperti almond, selai kacang atau keju lunak.
Kurma juga sangat lengket, yang membuatnya berguna sebagai pengikat dalam makanan yang dipanggang, seperti kue dan bar. Anda juga dapat menggabungkan kurma dengan kacang dan biji untuk membuat camilan sehat atau bola energi, seperti dalam resep ini .
Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti salad dressing dan bumbu-bumbu, atau memadukannya ke dalam smoothies dan oatmeal.
Penting untuk dicatat bahwa kurma mengandung kalori yang tinggi dan rasa manisnya membuat mereka mudah untuk makan berlebihan. Untuk alasan ini, mereka paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.
RINGKASANAda banyak cara untuk makan kurma. Mereka umumnya dimakan polos tetapi juga dapat dimasukkan ke dalam hidangan populer lainnya.

Garis bawah

Kurma adalah buah yang sangat sehat untuk dimasukkan dalam diet Anda.
Mereka tinggi dalam beberapa nutrisi, serat dan antioksidan, yang semuanya dapat memberikan manfaat kesehatan mulai dari pencernaan yang lebih baik hingga penurunan risiko penyakit.
Ada beberapa cara untuk menambahkan kurma ke diet Anda. Salah satu cara populer untuk memakannya adalah sebagai pemanis alami di berbagai hidangan. Mereka juga membuat camilan enak.
Sangat mudah untuk menemukan kurma dalam bentuk kering mereka, meskipun ini lebih tinggi kalori daripada buah segar sehingga penting untuk memakannya dalam jumlah sedang.
Kurma pasti layak ditambahkan ke diet Anda, karena keduanya bergizi dan lezat.